Kamis, 26 November 2015




Purwakarta - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kena tuding soal menikah dengan Nyi Roro Kidul. Isu menikah ini ada kaitan dengan yang disampaikan imam besar FPI Rizieq Shihab yang biasa disapa Habib Rizieq tentang sampurasun. Ceramah Rizieq di Purwakarta memang menyinggung Dedi.

Dedi yang dituding di ceramah itu hanya tersenyum. Dedi menjelaskan, jangan semua dilihat dengan kacamata biasa, tapi mesti dilihat nilai filosofinya. 

"Isu saya menikah dengan Nyi Roro Kidul itu dibuat oleh pihak yang secara politik berseberangan setelah Pilkada 2008. Dan waktu 2009 Pemda membuat kereta kencana sebagai hiasan simbolik, gedung negara sekarang bale nagri. Mereka membuat selebaran dan isu. Saya duga Habib Rizieq  dapat info dari sini," jelas Dedi, Kamis (26/11/2015).

"Kalau saya menikah, kira-kira siapa yang menikahkan dan di KUA mana?" kelakar Dedi, ayah dengan dua putra dan istri yang berjilbab ini.


Dedi lalu menjelaskan, filosofi dari Nyi Roro Kidul yakni merupakan simbol dari kecantikan laut selatan, sehingga raja atau pemimpim harus mencintai, merawat, dan menjaga laut selatan sebagai kemakmuran.

"Bung Karno karena kecintaannya kepada Laut Selatan membangun Samudera Beach Hotel di Pelabuhan Ratu dan menyimpan lukisan indah karya Basuki Abdullah," urai dia.

Menurutnya juga, dalam keyakinan lokal masyarakat jawa, raja yang hebat itu menikah dengan Nyi Roro Kidul, artinya dia harus menikah dan bersenyawa dengan laut.

"Merawat dan menjaganya tanpa melakukan eksploitasi yang mengakibatkan kerusakan lingkungan dan ekosistem," urai dia.

"Tudingan menikah dengan Nyi Ratu Kidul itu berarti sanjungan pada saya yang telah disejajarkan dengan raja Jawa. Terima kasih Habib atas sanjungannya," tegas Dedi dengan senyum.
 

0 komentar:

Posting Komentar